Mengenal Employee Engagement (Based on Gallup Organization)
Pada
saat ini, istilah employee engagement sudah tidak asing lagi . Namun, masih acap kali terjadi kekeliruan dalam menafsirkannya. Employee Engagement
sendiri merupakan istilah yang banyak digunakan oleh praktisi yang bekerja di
bidang human capital/resources. Awalnya employee engagement dikenalkan oleh
organisasi Gallup. Gallup melakukan pengukuran employee engagement dengan
menggunakan survey yang terkenal dengan Q12.
Gallup
mengklaim 12 pertanyaan tersebut merupakan hasil penelitian yang mendalam
selama 30 tahun dan diujikan lebih dari 17 juta orang. Gallup menyampaikan
bahwa employee engagement ini bisa memprediksi banyak hal. Pada tahun 2012 Gallup memverifikasi
kembali mengenai hubungan antara employee engagement dan sembilan hasil
kinerja. Hasilnya menunjukan bahwa employee engagement konsisten memiliki
korelasi yang kuat dengan sembilan hasil kinerja yaitu kepuasan konsumen,
profitability, produktifitas, turnover, kecelakaan
kerja, pencurian, absensi, kualitas produk, dan patient safety incidents
(Organisasi Gallup, 2013).
Berikut pertanyaan
didalam Q12:
1. Do you know what is expected
of you at work?
2
Do you have the materials and equipment to do your work right?
3. At work, do you have the
opportunity to do what you do best every day?
4. In the last seven days, have
you received recognition or praise for doing good
work?
5. Does your supervisor, or
someone at work, seem to care about you as a person?
6. Is there someone at work who
encourages your development?
7. At work, do your opinions seem
to count?
8. Does the mission/purpose of
your company make you feel your job is important?
9. Are your associates (fellow
employees) committed to doing quality work?
10. Do you have a best friend at
work?
11. In the last six months, has
someone at work talked to you about your progress?
12. In the last year, have you had
opportunities to learn and grow?
Dari 12
pertanyaan tersebut mewakilkan empat dimensi tahapan yang ingin dilihat oleh
Gallup. Tahap pertama pertanyaan yaitu
pertanyaan nomor satu dan dua adalah kebutuhan dasar. Ketika karyawan memulai
peran yang baru, terpenuhnya kebutuhan mereka adalah hal yang dasar. Tahap
kedua yaitu pertanyaan nomor tiga sampai nomor enam adalah dukungan atasan.
Karyawan berpikir mengenai kontribusi mereka dan bagaimana orang lain melihat
dan menilai usaha mereka. Tahap ketiga yaitu pertanyaan nomor tujuh sampai
sepuluh adalah tahap kebersamaan. Perspektif mereka lebih luas dan mereka
mengevaluasi keterikatan dengan kelompok dan perusahaan. Tahap keempat
pertanyaan nomor sebelas dan dua belas, karyawan ingin membuat perbaikan,
belajar, tumbuh, berinovasi, dan mengaplikasikan ide-ide mereka.
Komentar
Posting Komentar