Mengenal Employee Engagement (Based on Gallup Organization)

   
Pada saat ini, istilah employee engagement sudah tidak asing lagi . Namun, masih acap kali  terjadi kekeliruan dalam menafsirkannya. Employee Engagement sendiri merupakan istilah yang banyak digunakan oleh praktisi yang bekerja di bidang human capital/resources. Awalnya employee engagement dikenalkan oleh organisasi Gallup. Gallup melakukan pengukuran employee engagement dengan menggunakan survey yang terkenal dengan Q12.
            Gallup mengklaim 12 pertanyaan tersebut merupakan hasil penelitian yang mendalam selama 30 tahun dan diujikan lebih dari 17 juta orang. Gallup menyampaikan bahwa employee engagement ini bisa memprediksi banyak hal. Pada tahun 2012 Gallup memverifikasi kembali mengenai hubungan antara employee engagement dan sembilan hasil kinerja. Hasilnya menunjukan bahwa employee engagement konsisten memiliki korelasi yang kuat dengan sembilan hasil kinerja yaitu kepuasan konsumen, profitability, produktifitas, turnover, kecelakaan kerja, pencurian, absensi, kualitas produk, dan patient safety incidents (Organisasi Gallup, 2013).
Berikut pertanyaan didalam Q12:
1. Do you know what is expected of you at work?
2  Do you have the materials and equipment to do your work right?
3. At work, do you have the opportunity to do what you do best every day?
4. In the last seven days, have you received recognition or praise for doing good
work?
5. Does your supervisor, or someone at work, seem to care about you as a person?
6. Is there someone at work who encourages your development?
7. At work, do your opinions seem to count?
8. Does the mission/purpose of your company make you feel your job is important?
9. Are your associates (fellow employees) committed to doing quality work?
10. Do you have a best friend at work?
11. In the last six months, has someone at work talked to you about your progress?
12. In the last year, have you had opportunities to learn and grow?
            Dari 12 pertanyaan tersebut mewakilkan empat dimensi tahapan yang ingin dilihat oleh Gallup. Tahap pertama pertanyaan yaitu pertanyaan nomor satu dan dua adalah kebutuhan dasar. Ketika karyawan memulai peran yang baru, terpenuhnya kebutuhan mereka adalah hal yang dasar. Tahap kedua yaitu pertanyaan nomor tiga sampai nomor enam adalah dukungan atasan. Karyawan berpikir mengenai kontribusi mereka dan bagaimana orang lain melihat dan menilai usaha mereka. Tahap ketiga yaitu pertanyaan nomor tujuh sampai sepuluh adalah tahap kebersamaan. Perspektif mereka lebih luas dan mereka mengevaluasi keterikatan dengan kelompok dan perusahaan. Tahap keempat pertanyaan nomor sebelas dan dua belas, karyawan ingin membuat perbaikan, belajar, tumbuh, berinovasi, dan mengaplikasikan ide-ide mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kode Etik Penelitian Psikologi

Nursing Tandem: Yes Or No?

Kode Etik Psikologi Indonesia